Rabu, 06 Februari 2019

Pengalamanku mengisi libur dengan Pesantren Quran An Nuur



Pada waktu liburan akhir tahun 2017 aku ikut kegiatan Pesantren Quran di Rumah Quran An Nuur. Acaranya tiga hari, mulai tanggal 25 sampai 27 Desember 2017. Acara berlangsung dari pagi jam 8 sampai jam 5 sore. Pesertanya lumayan banyak, ada 50 orang anak laki-laki dan perempuan.

Hari pertama kulalui dengan agak canggung. Kebanyakan teman-teman peserta tidak kukenal. Bukan karena mereka datang dari tempat yang jauh, mereka datang dari wilayah Jatiasih juga, cuma akunya yang jarang di rumah, maklum kalau tidak liburan aku belajar di pesantren.

Oiya kenalkan namaku Zayyan. Aku belajar di sekolah quran di daerah Mega Mendung. Saat ini aku duduk di kelas 8.

Walaupun awalnya agak canggung, namun menjelang siang suasana belajar sudah berubah jadi riang. Apalagi selain kegiatan belajar Al Quran di siang hari ada kejian dari Kak Andi yang pintar. Beliau banyak bercerita dan memberi motivasi. Jadi semangat deh.

Kegiatan utama Pesantren Quran dibagi menjadi dua kelompok yaitu:

Pertama kelompok tahsin, diperuntukkan  bagi peserta yang belum bisa membaca Al Quran dengan baik. Di kelompok ini para peserta diajari sifat-sifat huruf, praktek tajwid, dan memperbagus bacaan (tahsin) Al Quran mulai dari Al Fatihah dilanjutkan dengan An Naas, Al Falaq dan seterusnya.

Kedua kelompok tahfizh, diperuntukkan bagi peserta yang sudah bisa membaca Al Quran dengan baik. Kelompok ini dapat tugas menghafal Surat Al Waqiah.

Masing-masing kelompok dipisah lagi peserta ikhwan dan peserta akhwat, jadi semua menjadi empat kelompok.

Kami belajar per kelompok, ada yang di ruangan bawah, ada yang di lantai dua, di taman, dan ada juga yang di saung. Belajar menyenangkan karena dibimbing oleh kakak-kakak Ustadz dan Ustadzah yang baik-baik.

Pada siang hari kedua ada pemutaran filem tentang anak, orang tua, dan Quran. Filemnya bagus sekali. Aku lihat ada beberapa temanku yang menonton sambil menangis terharu.

Pada sore hari ketiga diadakan acara penutupan yang meriah. Juga ada pembagian hadiah bagi yang berprestasi. Alhamdulillah aku juga kebagian hadiah karena bisa tampil dan berhasil menghafal Surat Al Waqiah bersama peserta lain.

Ketika acara bubar, ee ada kejutan lagi dari orang tua peserta yang membagikan hadiah kue-kue bagi semua peserta dan ustadz-ustadzah.

Alhamdulillah, aku senang bisa mengisi liburanku di Pesantren Quran An Nuur. Nanti kalau libur sekolah lagi aku mau ikut lagi ahh..













Tidak ada komentar:

Posting Komentar